Tahapan Penglihatan Bayi

Posted by Admin on Sunday, August 5, 2012

Sejak bayi lahir penglihatan bayi sudah mulai bekerja meski belum mampu membedakan cahaya, bentuk dan gerak. Bayi baru tahir dapat melihat sekitar 8-15 inchi jauhnya -jarak yang cukup untuk menatap wajah Anda saat pertamakali memeluknya. Jarak pandangnya akan semakin jelas dari waktu ke waktu sesuai pertumbuhan usianya.

Usia 1-2 bulan
bayi mulai fokus terhadap obyek bergerak dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Anda bisa melatihnya dengan cara mendekatkan dan menjauhkan wajah Anda dari tatapannya.

Usia 2-4 bulan
Anda dapat mengenaikan warna. Perlihatkan beberapa gambar binatang atau foto dengan warna mencolok sambil menyebutkan nama- namanya. Meski belum mengerti, namun semua itu akan disimpan dalam memorinya.

Usia 5-6 bulan
bayi sudah mampu melihat benda yang lebih kecil dan memperhatikan orang yang dari kejauhan menghampirinya. Berilah mainan berwarna mencolok yang dapat digenggamnya.

Usia 6-8 bulan
bayi sudah bisa diajak bermain cilukba untuk merangsang penglihatannya. Dia semakin mudah mengenali wajah seseorang karena penglihatan sudah semakin jelas.

Pada usia 8 bulan
penglihatan bayi sekitar 20/40 yang hampir menyamal kejelasan penglihatan orang dewasa saat melihat obyek benda.

Hasil penelitian menunjukkan bayi lebih suka bereksplorasi melihat melalui tatapan wajah ketimbang melihat obyek benda berwarna atau benda lainnya. Karena itu tetaplah ajak bergurau saat Anda sedang menyusuinya. Kadangkala hanya dengan memainkan gerakan tangan saja sudah mampu matanya beralih dari wajah ke tangan yang sedang Anda gerakkan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment