Ibu pada Minggu Kedelapan Kehamilan

Posted by syam sudin on Tuesday, July 9, 2013

Di delapan minggu kehamilan Ibu akan benar-benar mulai merasakan gejala kehamilan. Ibu mungkin mulai khawatir tentang kesehatan dan kemajuan bayinya. Ibu hanya memiliki empat minggu untuk menyelesaikan akhir trimester pertamanya.

Akankah ibu tampak hamil?


Hal ini masih terlalu dini untuk orang-orang di sekitar memperhatikan bahwa Ibu sedang hamil. Ibu mungkin mulai bertanya-tanya jika Ibu harus mulai membeli baju hamil. Di delapan minggu kehamilan sangat sulit bagi Ibu untuk mengetahui bentuk apa yang sedang terjadi di beberapa bulan mendatang. Pada tahap ini Ibu hamil tidak akan mengubah banyak fisik dan tubuh Ibu masih berusaha untuk menyesuaikan dengan semua perubahan hormon dalam tubuh Ibu hamil.

Mengidam Makanan


Ibu hamil akan mengidam beberapa jenis makanan pada tahap kehamilan. Ibu mungkin memiliki tiba-tiba keinginan untuk makanan pedas atau makanan lain. Di lain sisi, mungkin makanan membuat Ibu lebih mual dari biasanya. Cobalah untuk bersantai, karena semua bagian dari kehamilan normal.

Perubahan fisik Ibu selama minggu ke-delapan


Ibu mungkin merasa sangat lelah pada tahap ini. Sangat wajar bagi Ibu untuk ingin tidur sepanjang waktu. Sakit punggung merupakan masalah yang umum selama kehamilan. Membesarnya rahim pada Ibu hamil adalah alasan untuk sakit punggung. Postur atau posisi yang baik adalah penting untuk menghindari sakit punggung. Hindari membungkuk di kursi atau setiap kali Ibu duduk. Jika kursi yang diduduki menyebabkan Ibu membungkuk, gunakan bantal nyaman untuk sebagai sandaran. Hindari mengenakan sepatu tinggi jika memiliki sakit punggung.

Ibu hamil mungkin mulai merasa lebih lelah daripada biasanya karena perubahan fisik kehamilan, bisa juga karena morning sickness. Mual merupakan indikator bahwa kehamilan Ibu berjalan dengan baik. Mual merupakan cara alami untuk menghilangkan racun-racun yang berbahaya bagi bayi Ibu. Sementara itu untuk mengatasi mual, caranya yaitu memakan buah-buahan seperti pisang, apel, dan hindari minum teh.

Ibu hamil akan merasakan berat dan stres di daerah panggul. Ini mungkin memperburuk ketika Ibu harus pergi berkegiatan. Mandi hangat akan membantu Ibu mengurangi rasa sakit di wilayah itu. Mendapatkan pijat dari Fisioterapi Ibu akan membantu juga. Rahim Ibu akan membesar sekitar untuk ukuran jeruk besar atau jeruk kecil. Jika hamil bayi kembar ukuran rahim Ibu akan lebih besar.

Perubahan emosional Ibu hamil selama minggu kedelapan


Suasana hati Ibu hamil akan berubah baik positif dan negatif dengan cara yang berbeda. Ibu mungkin tidak merasa berbeda sama sekali dan mungkin mulai bertanya-tanya jika Ibu sedang benar-benar hamil bahkan tidak menyangka sama sekali bahwa ibu sedang hamil.

Dengan semua perubahan hormon Ibu mungkin tiba-tiba menjadi mudah marah dan rewel. Pada kondisi ini, hal terbaik untuk dilakukan adalah berbicara dengan pasangan Ibu tentang apa yang mengganggu Ibu. Sosialisasi akan membantu Ibu menangani perasaan negatif.

Perkembangan Janin


Banyak perubahan yang terjadi pada bayi Ibu minggu ke-8 ini. Janin sekarang akan berukuran sekitar kurang lebih 1.6 sentimeter dengan bentuk menyerupai bentuk huruf C. Pada kehamilan minggu kedelapan ini organ, otot dan saraf janin akan mulai berfungsi.
Kelopak mata, bibir, telinga, hidung, jari-jari kaki jari-jari tangan, pergelangan tangan dan siku akan semua mulai membentuk minggu ini.

Tips untuk Ibu hamil pada minggu kedelapan


-    Luangkan waktu untuk beristirahat. Hindari stres di tempat kerja dengan berlama2 ditempat kerja. Istirahat cukup. Jangan duduk di satu tempat terlalu lama.
-    Ibu mungkin mulai merasa pakaian dalam Ibu yang semakin ketat karena peningkatan ukuran payudara. Sudah waktunya untuk mendapatkan pakaian dalam yang cocok untuk bersalin yang nyaman.
-    Konsultasi dan lakukan perawatan kehamilan Ibu. Berbicara dengan dokter Ibu tentang proses kehamilan dan persalinan.
-    Untuk meringankan sakit punggung Ibu, perlu bantal sandaran saat duduk dan tidur yang akan membantu Ibu meringankan nyeri tubuh Ibu selama bulan-bulan mendatang kehamilan Ibu.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment